Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Tempat-tempat pariwisata di jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal dan domestik saja namun juga wisatawan mancanegara. Hal ini tidak mengherankan karena Yogyakarta memiliki beragam tempat-tempat pariwisata yang mengagumkan. Bukan hanya kota Jogja saja yang sudah terkenal dengan wisata jl. Malioboro dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi tempat wisata favorit, namun hampir di semua wilayah propinsi Yogyakarta memiliki tempat-tempat wisata yang menarik. Oleh karenanya Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjadi pilihan untuk berwisata bersama keluarga atau sahabat anda.

Di Yogyakarta kita bisa mengunjungi berbagai tempat-tempat pariwisata yang menarik seperti, wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata kota, wisata belanja, wisata candi, wisata pantai, wisata sejarah dan objek wisata lainnya. Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan dengan berwisata ke Jogja,  berikut akan kami berikan informasi tempat-tempat pariwisata yang menjadi favorit dan paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Keraton Yogyakarta merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang lokasinya berada di jantung kota Yogyakarta. Komplek keraton merupakan tempat tinggal sultan dan rumah tangga kesultanan yang masih menjalankan tradisi keraton dalam menjalankan pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono 1 pada tahun 1755 ini, sebagian di gunakan sebagai museum yang menyimpan berbagai koleksi kesultanan, hadiah raja-raja Eropa, Gamelan, replika pusaka keraton, maupun kereta kencana milik kesultanan. Dengan arsitektur Jawa yang kental terbaik dan memiliki balairung mewah.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, Keraton Yogyakarta di buka setiap hari dengan jam buka mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB. Khusua hari Jumat, Keraton hanya buka hingga jam 12.00 WIB. Di sini para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi keraton berupa peninggalan raja-raja jaman dulu, berbagai pusaka, perangkat musik dan arsitektur bangunan keraton yang unik. Selain itu, setiap harinya para pengunjung akan di suguhkan pentas seni serta adat istiadat yang di lakukan abdi dalem keraton.

Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Keraton Yogyakarta merupakan bekas taman keraton yang di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke 1 untuk di jadikan taman keraton pada waktu itu. Di sini, biasanya para istri raja dan para putri menikmati keindahan taman.

Di Taman Sari Yogyakarta memiliki gedung lama, kolam pemandian, kanal air, jembatan gantung, danau buatan, pulau buatan serta lorong bawah air. Keindahan dan kemewahan pada tempat ini pada waktu itu masih bisa kita lihat dengan menyusuri setiap sudut yang ada di Taman Sari Yogyakarta.

Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan candi hindu terbesar yang di bangun pada abad ke-9 masehi. Komplek candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman kurang lebih 17 km ke arah timur dari kota Yogyakarta.

Candi yang berbatasan langsung antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten ini merupakan obyek wisata favorit di DIY. Bentuk bangunan candi indah dan menjulang setinggi 45 meter menjadi daya tarik tersendiri. Oleh karena itu Candi Prambanan menjadi candi terindah dan termegah di Asia Tenggara, selain candi ini juga termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Pantai Parangtritis

Wisata Parangtritis Yogyakarta merupakan salah satu objek wisata pantai yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal dan juga mancanegara di bandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Jogja. Pantai yang berada di Desa Kretek, Bantul ini memberikan pesona ombak besar pantai selatan dan juga beberapa karang besar yang berada di bibir pantai.

Konon dari cerita mistisnya, Parangtritis merupakan gerbang keraton kerjaan gaib Nyi Roro Kidul. Dan pada bulan-bulan tertentu di pantai ini diadakan upacara persembahan yang dilakukam oleh warga setempat.

Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Pantai Baron

Pantai Baron merupakan obyek wisata pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi Pantai Baron berjarak 40 km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor, mobil, atau bus.

Keunikan yang terdapat pada Pantai Baron yang terlihat atau berbentuk cekungan. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan beberapa wahana menarik untuk anak-anak, perahu, dan toko cindera mata. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati hasil tangkapan laut di tempat-tempat kuliner yang ada obyek wisata ini dengan harga yang relatif murah.

Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Kawasan Jalan Malioboro

Di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta merupakan tempat yang wajib di jelajahi apabila berkunjung ke Yogyakarta. Karena tempat ini merupakan tempat favorit bagi para wisatawan untuk berwisata. Selain banyak tempat wisata sejarah di kanan kiri jalan ini, para pedagang kaki lima dan warung lesehan  di pinggiran Jalan Malioboro juga menjadi daya tarik bagu wisatawan.

Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja

Kaliurang

Kaliurang merupakan obyek wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Akses yang mudah serta panorama yang menarik di sini membuat tempat ini menjadi tempat obyek wisata favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Untuk menuju ke objek wisata Kaliurang dapat di tempuh menggunakan kendaraan kurang dari 1 jam dari Kota Yogyakarta.

Kaliurang terletak pada dataran tinggi dan banyak resort yang dapat kita temui dan kita sewa dengan kesejukan udaranya. Dan tempat yang paling banyak di kunjungi di Kaliurang yaitu Tlaga Putri. Selain pemandangan alam yang menakjupkan, di sini juga bisa kita temui bangunan bersejarah yang di sebut Wisma Kaliurang. Di mana wisma ini adalah tempat perundingan antara RI dan Komisi Tiga Negara.

Selain pesona dan keindahan tempat-tempat wisata tersebut, kita juga bisa membawa pulang cindera mata dan oleh-oleh khas tempat-tempat wisata yang saya sebutkan tadi. Dan bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di obyek-obyek wisata di atas, anda tidak perlu kuatir karena banyak tersedia hotel dan penginapan yang bisa anda pilih.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tempat-tempat pariwisata paling favorit di Jogja"